Islamic Parenting Part. 1

Islamic Parenting, Tulisan

Pendidikan Anak Metode Nabi

Oleh: Rahmatullah, MM

.

Setetes Mukadimah

Beruntunglah jika seorang anak mendapatkan sistem pendidikan dalam ruang dan pendampingan yang cukup sehingga mampu menanamkan keimanan dan ketaqwaan menuju manusia yang shalih dan shalihah, sukses di dunia dan bahagia di akhirat.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, banyak orang tua yang merasa kesulitan dalam mendidik anaknya. Sebagian besar kesulitan ini terjadi mungkin disebabkan minimnya pengetahuan dalam mendidik atau karena kesibukan kedua orang tuanya dalam urusan dunia. Banyak orang tua yang terlanjur menjadi orang tua, siap berumah tangga namun belum siap mendidik anak-anaknya.

Mendidik bukanlah sebatas mengajarkan bagaimana anak belajar bicara, berjalan, atau memberikan makan dan minum, pakaian dan tempat tinggal lalu meninakbobokan sang anak. Lebih daripada itu mendidik adalah menyiapkan mereka untuk mampu menjalani kehidupan di dunia, mengimani untuk apa mereka diciptakan oleh Rabb-nya dan kemana mereka kelak akan dikembalikan. Peranan inilah yang kerap belum dipahami oleh sebagian atau mungkin kebanyakan orang tua pada umumnya.

Di sisi lain, lembaga atau pemerintah yang membidangi urusan ini pun belum begitu serius dalam melakukan pendampingan bagi setiap pasangan yang akan atau baru menjalani proses berumah tangga. Maka mau atau tidak tuntutan ini sudah menjadi tanggungjawab pribadi setiap calon orang tua ataupun mereka yang sudah memiliki momongan untuk terus belajar bagaimana mendidik anak yang tepat sesuai tuntunan dari Al Qur’an dan As Sunnah.

Sebenarnya jika kita mencari literasi atau sumber yang terbaik dalam pola asuh terhadap anak, maka tidak ada yang lebih baik selain metode pendidikan anak yang telah dicontohkan oleh guru terbaik kita yaitu Rasulullah . Beliau telah mengajarkan secara detail bagaimana pendidikan itu diterapkan pada setiap tahapan pertumbuhan sang anak bahkan semenjak anak masih berada dalam sulbi sang ayah. Oleh karenanya, mencari serta mempelajarinya adalah sebuah keniscayaan bagi setiap orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya.

Untuk itu, dalam ruang ini kita akan coba mengupas sebuah buku karya Syaikh Jamal Abdurrahman yang berjudul Athfaalul muslimin kaifa robaahumun nabiyyul amiin dengan alih bahasa oleh Agus Suwandi dengan judul Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi. Penerbit Aqwam Solo cetakan ke IV tahun 2012.

Sebenarnya masih banyak kitab-kitab yang dapat kita baca berkenaan dengan cara mendidik anak yang diajarkan oleh Rasulullah . Diantara kitab yang dapat menjadi rujukan juga adalah kitab yang ditulis oleh Syaikh Musthofa Al Adawi dengan judul Fiqh Tarbiyatil Abna’. Namun dikarenakan keterbatasan waktu untuk meringkasnya maka dalam kesempatan ini kita coba fokuskan pada satu buku sebagai rujukan utama. Saya memohon kepada Allah semoga diistiqamahkan dalam mempelajari buku ini dan menyampaikannya.

.

Bersambung In Syaa Allah.

.

.

Tags :
Islamic Parenting, Tulisan
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *